sumber gambar : indosablon.com

Sablon adalah komponen terpenting dalam industri clothing. Ketika kamu memutuskan untuk membuat kaos buat komunitas, organisasi maupun dirimu sendiri, kamu pasti menginginkan kaos yang dibuat sesuai dengan desain yang sudah kamu buat. Salahsatu aspek yang harus kamu pertimbangkan dalam membuat kaos adalah jenis sablon yang akan digunakan, sehingga kaos yang kamu buat sesuai dengan desain yang kamu inginkan.

KAOS 3D Malang menyediakan berbagai macam jenis sablon yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhanmu. Biar gak bingung menentukan jenis sablonnya, kamu wajib baca artikel ini sampe habis biar kamu bisa menentukan dengan cermat apa yang kamu inginkan untuk kaosmu.

Berikut macam-macam sablon yang kami sediakan untuk kamu terlihat lebih keren :

  1. Sablon Rubber (Manual Sablon)
Contoh hasil sablon rubber

Jenis sablon ini sering dikenal dengan sablon karet, sifatnya menutup serat kain dan timbul serta hasil sablon yang elastis dan dapat menutup permukaan warna kain dengan baik. Sablon yang pang banyak digunakan, mudah kering, kuat dan tahan lama. Cocok untuk jenis kaos berbahan dasar katun seperti combed 20s/24s/30s, gildan, FOTL, katun fleece, dll.

  1. Sablon Plastisol (Manual sablon)
Contoh hasil sablon plastisol

Cat yang berbahan dasar minyak, dengan kemampuan istimewa untuk mencetak dot atau raster super kecil dengan hasil maksimal. Sablonan ini berbahan dasar PVC dan dalam pembuatannya dikeringkan pada suhu 160°C. Setelah pengeringan dengan benar, tinta plastisol ini memiliki daya rekat yang sangat baik dan kerapatan yang sangat tinggi (high density). Cocok untuk jenis kaos berbahan dasar katun seperti combed 20s/24s/30s, gildan, FOTL, katun fleece, dll.

  1. Sablon Discharge (Manual sablon)
Contoh hasil sablon discharge

Cat dengan kemampuan mengubah warna dasar bahan dengan cara mencabut warna dasar kain (mengganti warna dasar kaos dan diisi dengan warna desain yang dikehendaki). Hasil sablonnya akan terlihat rata kain dan tidak timbul karena bersatu dengan kain yang di sablon. Karena sifatnya yang bersatu dengan kain, sablon ini sangat tahan lama dan tidak mungkin terhapus, mengelupas, maupun meleleh karena pemanasan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, bahan pewarna kainnya harus dipilih dengan yang dischargeable. Cocok untuk jenis kaos berbahan dasar katun seperti combed 20s/24s/30s, gildan, FOTL, dll.

  1. Sablon Superwhite (Manual sablon)

Cat sablon yang menyerap kedalam serat kain, sablonan ini hampir sama jenisnya dengan tinta rubber, terdiri dari dua jenis yaitu white dan color. Tinta ini sifatnya lebih mendekati tinta extender yaitu menyatu dengan bahan dan transparan. Cocok untuk jenis kaos berbahan dasar katun seperti combed 20s/24s/30s, gildan, FOTL, dll.

  1. Sablon DTG (Mesin Print)
Contoh hasil sablon DTG

DTG singkatan dari Direct To Garment. Sesuai namanya DTG printer adalah mesin cetak dengan metode tinta langsung ke kain (garmen) melalui proses pre-treatment dan diakhiri proses heatpress, hasil print akan tercetak bagus. Hasil print tidak akan luntur karena memakai tinta khusus garmen. Karena bekerja seperti printer, dapat mendukung desain yang paling detail, dengan banyak warna yang teman-teman inginkan. printer hanya dapat mencetak satu pakaian pada waktu, yang membuatnya sempurna untuk mencetak satu kaos. Untuk kamu yang mau bikin kaos satuan dengan desain yang njelimet (banyak warna), DTG adalah pilihan yang paling cocok buat kamu. Cocok untuk jenis kaos berbahan dasar katun seperti combed 20s/24s/30s, gildan, FOTL, dll.

  1. Sablon Full print (Sublim)
Contoh hasil sablon fullprint/sublim

Pernah lihat jersey sepakbola? Funbike? Jersey-jersey tersebut dibuat dengan sablon sublim/full print. Sablon sublim dalam prosesnya menggunakan prinsip sublimasi, yaitu pencetakan ke selembar kertas khusus, dan kemudian ditransfer gambar yang ke kain. Kertas dipanaskan diatas kain sehingga menyatu dengan serat kain. Dengan kualitas tinta yang bagus membuat design tahan lama, dan teman-teman tidak perlu kawatir kalau tinta akan mengelupas atau rusak. Untuk mengetahui lebih detail untuk kaos full print/sublim, Kamu bisa klik disini. Sublim tidak bisa digunakan untuk kaos berbahan dasar katun, melainkan digunakan untuk kaos dengan bahan Microfiber, Hivitex dan sejenisnya.

Bagaimana memilih sablon yang baik, semua tergantung pada dua faktor :

– desain

– kuantitas yang akan dibuat

Pertanyaan pertama adalah tentang kuantitas yang akan kamu buat. Jika kamu berencana membuat dalam jumlah satuan, maka lebih baik menggunakan DTG. Tapi, kalo kamu hendak membuat kaos dengan jumlah banyak misalkan lebih dari 20pcs (event, family gathering, reuni, komunitas) ada baiknya mempertimbangkan produksi dengan sablon manual (Rubber, Plastisol, Discharge, SW). Karena dalam aturan sablon manual, semakin banyak kaos yang dibuat, maka harganya akan semakin murah. Tetapi untuk DTG, jumlah kaos yang dibuat tidak berpengaruh terhadap penurunan harga.

Selain itu, desain kamu menentukan sablon apa yang lebih baik dipakai. Jika desainmu menggunakan berbagai warna, detail yang rumit atau gambar fotografi, maka DTG jadi pilihan paling tepat, tapi dalam jumlah besar lebih baik dengan sablon manual. Kamu harus sudah memiliki gambaran tentang apa desain teman-teman akan cetak. Apakah berbentuk fotografi? Berapa banyak warna dalam satu desain? Mungkin itu hitam dan putih, atau hanya huruf-huruf? atau kamu berniat untuk memiliki jangkauan desain sampai jahitan (Fullprint).

Kami menyediakan Jasa Sablon dengan harga murah dan kualitas Tinggi.

Pesan jasa sablon sekarang Juga, Silahkan hubungi di hotline kami dan dapatkan kualitas dan harga terbaik.

Jam Kerja:

Senin – Jum’at : Pukul 09.00 s.d 21.00 WIB

Sabtu – Minggu : Pukul 09.00 s.d 17.00 WIB


HUBUNGI KAMI

Segera hubungi kami dan dapatkan penawaran terbaik hanya untuk kamu!

One Reply to “MENGENAL SABLON DAN JENIS-JENISNYA”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *