Kain Katun Combed adalah jenis kain yang paling banyak beredar di pasaran. Katun Combed menjadi bahan favorit konsumen industri konveksi kaos dikarenakan bahannya yang lembut dan halus serta harga yang terjangkau.

Sifatnya yang nyaman digunakan dan human friendly membuat Katun Combed menjadi favorit untuk pembuatan kaos. Pada proses pembuatannya, Katun Combed melalui proses yang cukup panjang. Serat kain Katun Combed diproses dengan cara khusus sebelum diputar di mesin pemintal. Salah satu proses yang paling terkenal adalah carding, yaitu penyisihan kain dari benang kasar.

Saat ini bahan kain katun yang lazim beredar di pasaran ada 4 jenis yaitu: 20s, 24s, 30s dan 40s. Angka 20, 24, 30, dan 40 tersebut menunjukkan tipe kerapatan benang yang digunakan ketika proses perajutan menjadi bahan kain. Semakin kecil angkanya, semakin tebal bahan dan rajutan sebuah kain katun, begitu juga sebaliknya.

Perbedaan rajutan bahan kaos dilihat dari jumlah jarum yang digunakan. Jenis jarum rajutan yang paling populer saat ini untuk produksi bahan Katun Combed terbagi dua, yaitu: Jarum Tunggal (single knitt) dan Jarum Ganda (double knitt). Istilah ini (Single, Double) kemudian oleh para produsen disingkat menjadi ‘s’ dan ‘d’. Huruf ‘s’ atau ‘d’ kemudian diletakkan di belakang angka ketebalan untuk menunjukkan jenis rajutan yang digunakan.

Berdasarkan karekternya, Jenis rajutan ‘s’ tergolong renggang dan mulur. Sebagian besar bahan kaos katun yang beredar di pasaran menggunakan tipe rajutan jarum tunggal ini. Sedangkan rajutan ‘d’ menggunakan teknik jarum ganda. Karakter rajutan ini cenderung lebih rapat, lentur dan tebal. Bahan rajutan ‘d’ dapat digunakan secara bolak-balik. Kedua sisinya punya permukaan yang sama, karena dirajut dengan jarum ganda. Bahan dengan rajutan ini lebih sering digunakan untuk pakaian bayi dan anak-anak.

Meskipun demikian, hingga saat ini tidak ada standar yang pasti di antara produsen bahan kain katun. Bisa saja istilah 20s dari satu produsen kain bahan berbeda dengan bahan 20s dari produsen yang lain. Sebab setiap produsen terkafang menerapkan indikator yang berbeda.

Berikut 4 jenis bahan Katun Combed dengan rajutan single knitt yang paling populer di pasaran:

1. Bahan Katun Combed 40s

Bahan ini merupakan bahan paling tipis di antara Katun Combed lainnya. Biasa produksi gramasi antara 110 – 120 gr/m2 dengan jenis rajutan Single Knitt. Kerap digunakan beberapa clothing line Bandung seperti Ouval Rsch, Wadezig, Screamous, Unkl347 dan tak luput juga clothing line Jakarta seperti Crooz, Woles dan Sunday Sunday.

2. Bahan Katun Combed 30s

Ini dia bahan favorit anak-anak muda di daerah perkotaan karena bahan tidak terlalu menyebabkan panas. Bahan ini biasa diandalkan clothing line dan distro karena tipis dan tidak panas. Bahan Combed 30s menggunakan gramasi yang berkisar antara 140 – 160 gr/m2 dengan untuk jenis rajutan Single Knitt. Beberapa beberapa clothing line terkemuka seperti ThinkCookCook, Schitzo, Something Cloth, Void, ThanksInsomnia, dan berbagai clothing line terkenal lainnya menggunakan bahan ini untuk produk kaosnya.

3. Bahan Katun Combed 24s

Untuk bahan Combed 24s, gramasi bahan kaos yang digunakan berkisar antara 170 – 210 gr/m2. Bahan Combed 24s biasa digunakan oleh konveksi kaos yang berdomisili di Bandung. Kain Katun Combed 24s merupakan bahan yang paling banyak dicari karena ketebalannya yang berada di tengah-tengah. Karakter bahan ini tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis.

4. Bahan Katun Combed 20s

Bahan kain Katun Combed 20s memiliki gramasi paling tebal dari yang diatas disampaikan antara 180 – 220 gr/m2 untuk jenis rajutan ‘s’ Single Knitt. Bahan 20s merupakan bahan paling populer di antara bahan Katun Combed yang lain, bahkan di antara semua bahan kaos yang ada. Bahan kain Katun Combed biasa ditawarkan oleh konveksi kaos sebagai pilihan favorit karena penjual bahan dengan jenis ini banyak ditemukan dimana-mana. Apalagi sekarang semakin banyak bermunculan produsen kaos polos 20s yang mempermudah konveksi maupun vendor sablon untuk melakukan produksi.


Demikian penjelasan Perbedaan Jenis Kaos Katun Combed. Jika sobat ingin memesan / membuat kaos dengan bahan-bahan diatas, maka kami kaos3dmalang.com menyediakannya. Tentunya dengan harga terjangkau dan kualitas terbaik dikelasnya.

HUBUNGI KAMI

Segera hubungi kami dan dapatkan penawaran terbaik hanya untuk kamu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *