Halo rekan Kaos3DMalang! Pasti kalian sehari-hari sering memakai kaos kan..? Kali ini kami bahas berbagai macam jenis-jenis Kain yang biasa digunakan untuk membuat Kaos. Jika Kalian para pecinta kaos, simak selengkapnya sampe bawah biar ga ketinggalan info.

Jenis-jenis Bahan Pembuatan Kaos

1. KATUN (combed 20s, 24s, 30s, 40s)

Jenis-jenis Bahan Kain Kaos yang pertama dan paling sering dipakai adalah Katun Combed. Bahan katun combed ini 100% terbuat murni dari serat kapas alami. Bahan combed memiliki tekstur yang halus, dingin, nyaman, dan menyerap keringat, sehingga sangat nyaman dan cocok dipakai di Negara tropis seperti Indonesia. Kain Combed memiliki serat benang yang lebih halus dan rata sehingga penampilannya akan menjadi lebih bagus, rata dan rapih.

Ada beberapa jenis kain combed yang ada di pasaran. Kami menyediakan 4 varian combed, Ada combed 20s, 24s, 30s dan 40s. hal yang membedakan adalah ketebalan kain combed. Kain 20s memiliki ketebalan yang paling tebal, sedangkan combed 30s memiliki ketebalan yang paling tipis. Kain Combed 20s merupakan kain yang paling banyak dipakai dan menjadi favorit kaos distro karena selain kenyamanan ketika digunakan, harganya juga tidak terlalu mahal.

2. POLYESTER dan PE

Jenis-jenis Bahan Kain Kaos yang kedua yaitu Polyster dan PE. Polyester merupakan bahan serat sintetis yang terbuat dari bahan ester (dalam hal ini hasil sampingan minyak bumi dan dibuat bahan berupa serat fiberpoly). Dibandingkan katun, kain jenis ini lebih tipis, agak kasar, dan tidak bisa menyerap keringat sehingga cenderung lebih panas ketika dipakai.

3. TC (TETERON COTTON)

Jenis Bahan Kain Kaos ketiga yaitu Teteron Cotton. Jenis bahan ini merupakan perpaduan antara cotton combed dan polyster dengan rasio 35% cotton combed dan 65% polyester. Bahan Teteron Cotton ini cenderung terasas panas ketika memakainya karena kurang bisa menyerap keringat. Namun kelebihannya bahan ini lebih tahan kusut, dan tidak mudah melar meski sudah lama dipakai sehingga lebih awet.

4. CARDET (24s, 30s)

Jenis-jenis Bahan Kain Kaos yang keempat yaitu Cardet. Dibandingkan dengan kain combed , kain cotton cardet memiliki serat benang yang lebih kasar / kurang halus. Kain cardet merupakan kain KW1-nya kain combed sehingga hasil rajutan dan penampilan bahan kurang halus dan bahkan kurang rata. karena harganya relatif lebih murah dibandingkan cotton combed, bahan cotton cardet sering digunakan untuk kaos-kaos dengan target pasar kelas menengah, misalnya untuk kaos pabrik, seragam buruh, dan juga kaos oblong olahraga atau kaos-kaos seragam sebuah event yang mungkin low budget.

5.  HYGET

Jenis-jenis Bahan Kain Kaos yang kelima adalah HYGET. Jenis bahan ini terbuat dari plastik dan sangat tipis, oleh karena itu harganya sangat murah. Namun nyatanya bahan ini bisa dibilang kurang layak dan nyaman untuk dijadikan kaos. Biasanya pembuatan kaos dengan bahan HYGET dilakukan jika ingin membuat kaos dengan jumlah massal tetapi dana yang tersedia tidak terlalu banyak (low budget). Bahan ini banyak digunakan untuk keperluan kaos kampanye partai.

6. VISCOSE

Jenis-jenis Bahan Kain Kaos Selanjutnya adalah VISCOSE. Viscose biasa juga disebut rayon. Sebuah bahan serat sintesa celulosa organic (buatan manusia) yang biasa digunakan sebagai bahan kain. Teksturnya mirip dengan tekstur kapas. Viscose biasanya digunakan untuk menambahkan kenyamanan pada serat sintesis serta menambah kecerahan warna. Serat Viscose mempunyai tahanan kelembaban yang lebih tinggi, kecerahan warna yang lebih baik dan lebih lembut dibanding kapas. Namun kain ini terkesan mewah, sehingga harganya mahal dan jarang tersedia di pasaran.

7. CVC ( COTTON VISCOSE)

Jenis-jenis Bahan Kain Kaos yang ke 7 adalah CVC (Cotton Viscose). Jenis bahan kaos ini merupakan campuran dari 55% Cotton Combed dan 45% Viscose. Kelebihan dari bahan ini adalah tingkat shrinkage-nya (susut pola) lebih kecil dari bahan Cotton. Jenis bahan ini juga bersifat menyerap keringat.


Demikian adalah informasi seputar dunia konveksi terkait Jenis Bahan Kaos. Jika sobat ingin membuat kaos sendiri atau untuk keperluan organisasi, event, kegiatan, keluarga, atau apapun, langsung saja hubungi kami.

Kami tidak membatasi jumlah pesanan, jadi satu-pun akan kami layani dengan senang hati. Kepuasan pelanggan adalah prioritas kami, bisa juga check galeri kami DISINI atau follow Instagram kami DISINI.

Sekian, salam satu jiwa! 😀


HUBUNGI KAMI

Segera hubungi kami dan dapatkan penawaran terbaik hanya untuk kamu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *